Peristiwa Daerah

Dugaan Pungli Sertifikasi Guru, 2 Oknum Kasek di Situbondo Kena OTT


calendar_today 04/12/2019 - 12:26 | remove_red_eye 64.30k

SITUBONDO -  Tim Saber Pungli Polres Situbondo melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap 2 oknum kasek dalam dugaan pungli sertifikasi guru Dispendikbud Korwil Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (4/12/ 2019) sekitar pukul 8 pagi. 

Mereka yang diamankan diduga melakukan pungli terhadap guru yang mendapatkan tunjangan sertifikasi.


Berdasarkan data yang dihimpun suaraindonesia.co.id, sejumlah guru penerima tunjangan sertifikasi menyetorkan dana kepada 2 oknum kasek.

Salah satu sumber yaitu GP SAKERA menyebutkan jika 2 orang  yang diamankan berinisial D berusia 56 tahun dan A berusia 50 tahun. Mereka diamankan saat berada dalam ruangan aula kantor dinas tersebut saat merekap penyetoran dari sejumlah kasek yang dititipi uang dari para guru senilai  150 ribu rupiah per guru.

Ketum GP SAKERA Syaiful Bahri menyebut, peruntukan keuangan per guru itu masih belum jelas.

"Kita belum mengetahui berapa total dana keseluruhan yang sudah dihimpun terduga. Yang pasti itu sudah tercatat.Yang pasti penangkapan ini tidak terlepas dari koordinasi baik antara GP SAKERA dan Tim Saber Pungli," ucapnya.


Ditambahkan, kasus ini sudah lama terjadi dan bukan hanya di wilayah Asembagus tapi merata.

"Lima bulan saya menurunkan tim senyap untuk mengumpulkan data dan Alhamdulillah 3 hari ini saya dan Tim Saber Pungli Polres lebih dalam melakukan koordinasi hingga ditentukan hari ini penangkapannya. Sesungguhnya sudah mulai Hari Senin dilakukan penarikan kepada guru- guru. Tapi kita tentukan hari ini melakukan penangkapannya. Bravo Saber Pungli Polres Situbondo," tandasnya.

Pria yang akrab dipanggil Bang Ipoel tersebut mengatakan bahwa saat ini para terduga menjalani pemeriksaan di Polres Situbondo.

Sementara itu Kasubag Humas Polres Situbondo, Iptu Nuri membenarkan jika ada 2 oknum Kasek yang ada di Dispendikbud Korwil Kecamatan Asembagus ditangkap Tim Saber Pungli Polres Situbondo.

“Sementara dugaan pungutan atas para guru penerima sertifikasi berkisar 21 juta rupiah lebih. Dan sekarang masih proses pemeriksaan. Ini masih dugaan jadi bilamana terbukti nanti kita akan sampaikan secara terbuka," jelas Iptu Nuri.(*)


Reporter : Redaksi
Editor : DP
Publisher : Aulia Fasha

default ads banner CODE: NEWS / LARGE BANNER 2 / 320x100
default ads banner CODE: NEWS / MEDIUM / 300x250
default ads banner CODE: HOME / LARGE BANNER 1 / 320x100
default ads banner CODE: HOME / MEDIUM / 300x250